kembali ke daftar Artikel

PEKAN RAYA INDONESIA 2016


Selasa, 04 April 2017, 13:43 | 120 views
Artikel oleh : Barza Hasan
ilustrasi / foto Pekanraya.co.id
BSD Tangerang : Untuk pertama kalinya diselenggarakan “Pekan Raya Indonesia”, yaitu sebuah pesta rakyat Indonesia berupa pameran multiproduk. Kegiatan ini mengangkat dan menyajikan kekayaan warisan bangsa antara lain; kuliner warisan, konser musik Indonesia yang menampilkan 1.000 band, kemudian dimeriahkan juga dengan pameran cerita legenda rakyat hingga karya anak bangsa dalam berbagai bentuk barang dan jasa, sementara INTV menjadi salah satu media partner dalam event tersebut. “Pekan Raya Indonesia” merupakan pameran indoor terbesar yang diselenggarakan selama 18 hari, mulai 20 Oktober – 6 November 2016, bertempat di Indonesia Convention Exhibition – Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Kegiatan ini sekaligus mengajak kalangan masyarakat Indonesia, untuk dapat berpartisipasi dalam membangun dan memajukan Indonesia di berbagai bidang misalnya ; kuliner, musik, wirausaha, pendidikan dan berbagai hal lainnya yang menjadi konten dalam event tersebut 

Pekan Raya Indonesia 2016, dapat disebut sebagai kemeriahan baru pesta rakyat Indonesia dan bisa juga sebagai destinasi wisata baru untuk keluarga. Wisata belanja sambil menikmati sajian kuliner lezat, hiburan serta nilai tambah lainnya yaitu dengan adanya unsur pendidikan bagi anak-anak.

Pameran ini juga bertujuan, untuk meningkatkan perekonomian dengan melibatkan berbagai bidang usaha dan penyerapan tenaga kerja, sehingga menghasilkan multiplier effect (dimana peningkatan pengeluaran nasional mempengaruhi pendapatan dan konsumsi menjadi lebih tinggi dibandingkan jumlah sebelumnya). Hal lainnya adalah dapat membuka kesempatan ruang promosi serta publikasi bagi para produsen ataupun distributor dari beragam produk dalam negeri. 

Mengangkat konsep Great Sales, Top Entertainment, Urban Culinary dan Fun Education serta International Festival, Pekan Raya Indonesia 2016, menjadi sebuah event pameran multiproduk baru yang mengintegrasikan belanja, hiburan, rekreasi serta memberi nilai tambah, berupa edukasi bagi pengunjung. 

Kegiatan inipun sekaligus menjadi ajang sale barang-barang atau produk diskon, promosi serta dapat memberikan bonus lebih besar dibanding yang sering diberikan oleh outlet atau toko biasa. Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat sebagai promosi bagi industri kreatif dan UMKM. Sedangkan untuk para exhibitor (partisipan pengisi pameran), ”Great Sale” ini, menjadi kesempatan untuk melakukan “Clearance Sale” akhir tahun dan mengangkat omzet di penghujung tahun. Sementara bagi visitors (pengunjung), hal ini menjadi daya tarik utama untuk dapat berkunjung ke Pekan Raya Indonesia 2016. 

Pekan Raya Indonesia 2016 menyajikan hiburan bervariatif, yaitu pertunjukan musik di panggung utama dari Group Band terkenal, hingga pertunjukan musik alternatif ; Band Indie atau Group Musik Lokal, serta Street Performance, berbagai Lomba, Fashion Show dan lain sebagainya. Berbagai hiburan tersebut berlangsung selama 18 hari nonstop. 

Selain itu Pekan Raya Indonesia 2016 juga mempersembahkan berbagai atraksi dan Pagelaran Budaya di stage corner dengan mengusung Konsep Budaya. 

REDAKSI//INTV
COPYRIGHT INTV @2017