kembali ke daftar Artikel

SPEAKER FIRST MASUK DALAM INDUSTRI MUSIK AMERIKA


Jumat, 28 April 2017, 15:20 | 149 views
Artikel oleh : Jeffry Aldino
ilustrasi / foto DOK.Facebook/Speaker First
AMERIKA SERIKAT: Terinspirasi masa keemasan musik rock di awal 2000-an, saudara kembar asal Kota Kembang Bandung, Beni Barnady dan Bony Barnaby, tergiur membentuk sebuah band. Sejak itu, Beni dan Bony memutuskan jalan hidup mereka adalah musik.
Dua tahun kemudian, impian Beni dan Bony terwujud, yaitu dengan hadirnya band Speaker First. Kelompok band bentukan mereka ini juga digawangi Mahattir Alkatiry sebagai bassis dan vokalis. Sementara Beni dan Bony sama-sama memainkan gitar.
Langkah Speaker First masuk ke industri musik Indonesia ditandai pada tahun 2004. Era Ini juga bisa disebut sebagai tahun keemasan mereka, sebab karyanya langsung dilirik label rekaman besar, Sony Music. 
Bukti keseriusan mereka bermusik, di tahun itu pula mereka memberikan warna baru bagi dunia musik dalam negeri lewat gaya rock dalam debut album mereka yang bertajuk “Whatever You Say”.

 Langkah Speaker First tak berhenti di situ. Mereka kembali mendulang kesuksesan lewat film Gie (2005). Lantunan Mr. Ego dan daur ulang lagu “Like A Rolling Stone” milik Bob Dylan yang mereka nyanyikan, dijadikan lagu tema film Riri Riza tersebut. Lima tahun setelah menghasilkan album perdana, Speaker First kembali dengan karya kedua. Kali ini bertajuk “Dunia Milik Kita”. Mereka juga memiliki album mini yang dirilis setahun kemudian (2011), berjudul “Muda dan Berani”. Sayang, kesibukan masing-masing personel membuat Speaker First terpaksa vakum. Setelah 11 tahun bersama, mereka memutuskan berpisah dan memberi waktu bagi kehidupan pribadi masing-masing di tahun 2013. 

Baru-baru ini Keberanian mereka bangkit kembali. Setelah berhasil menghalau badai serta pasang-surut kehidupan anak band, Speaker First akhirnya mampu menyatukan tekad untuk kembali bersama. Inggris menjadi saksi reuni mereka. Speaker First, menjadi grup musik pertama asal Indonesia yang masuk dalam Industri musik Amerika Serikat. Grup musik asal Bandung ini, menurut rencana akan melakukan tour pertamanya di Los Angeles dan California Amerika Serikat.   
COPYRIGHT INTV @2017