kembali ke daftar Artikel

Stephen Hawking Desak Manusia Pindah ke Planet Lain


Selasa, 23 Mei 2017, 10:55 | 82 views
Artikel oleh : Jeffry Aldino
ilustrasi / foto Dok.steve
Inggris: Pakar ilmu fisika teoritis, Professor Stephen Hawking, telah merevisi pernyataan yang dikeluarkannya tahun lalu bahwa, manusia perlu pindah ke planet lain dalam waktu 1.000 tahun kedepan, karena bumi tidak lagi akan bisa menampung jumlah manusia yang ada sekarang.
Dalam sebuah film dokumen terbaru berjudul “Expedition New Earth” atau ekspedisi mencari dunia baru, yang akan disiarkan oleh BBC dalam waktu dekat ini, Hawking mengatakan “dunia akan senang kalau kita bisa menyiapkan koper-koper kita dan pergi ke planet lain, tidak dalam 1.000 tahun, tapi dalam 100 tahun mendatang.”

Kalau manusia ingin bisa bertahan, katanya, mereka harus mencari planet lain, karena bumi tidak akan bisa didiami lagi. Dengan adanya perubahan iklim, kemungkinan akan terkena tabrakan asteroid, epidemi serta ditambah pertumbuhan penduduk yang pesat. Professor Hawking, dalam film dokumenter “Expedition New Earth” itu, meminta bantuan pakar ilmu teknik, Danielle George dan mantan muridnya Christophe Galfard, untuk mengetahui bagaimana manusia bisa pindah ke planet lain.
Apabila manusia terus tinggal di bumi, menurut Hawking, kemungkinan mereka akan punah jika terjadi peristiwa besar seperti, tabrakan dengan asteroid. Seperti yang terjadi 65 juta tahun lalu, yang memusnahkan hewan-hewan raksasa dinosaurus dan banyak jenis kehidupan lainnya.
COPYRIGHT INTV @2017