kembali ke daftar Artikel

POLA ASUH ANAK YANG BAIK HINDARKAN KEJAHATAN SEKSUAL ANAK


Selasa, 28 Maret 2017, 15:59 | 119 views
Artikel oleh : Barza Hasan
ilustrasi / foto Bidanku.com
JAKARTA : Meningkatnya kasus kekerasan merupakan bukti nyata kurangnya pengetahuan anak mengenai pendidikan seks yang seharusnya sudah mereka peroleh sejak usia dini dari orang tuanya. Tetapi persepsi masyarakat mengenai pendidikan seks, yang masih menganggap tabu untuk dibicarakan bersama anak, menjadi kendala yang harus dibenahi bersama untuk membekali anak melawan arus globalisasi yang semakin transparan dalam berbagai hal termasuk seksualitas.
 
Maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi belakangan ini, tidak lagi hanya mengancam para remaja yang rentan terhadap informasi salah mengenai seks. Eksploitasi seks pada anak dibawah umur, nyatanya juga sering terjadi oleh orang-orang terdekat, bahkan dilakukan oleh keluarga korban sendiri. Meningkatnya kasus kekerasan seksual merupakan bukti nyata, kurangnya pengetahuan anak mengenai pendidikan seks yang seharusnya sudah mereka peroleh sejak dini dari orang tuanya.

Tetapi persepsi masyarakat mengenai pendidikan seks yang masih menganggap tabu untuk dibicarakan bersama anak, menjadi masalah yang harus dibenahi bersama untuk dapat membekali anak melawan arus globalisasi yang semakin transparan dalam berbagai hal termasuk seksualitas. Pendidikan seks seharusnya menjadi bentuk kepedulian orang tua terhadap masa depan anak dalam menjaga apa yang telah menjadi kehormatannya, khususnya kaum perempuan. Pendidikan seks menjadi penting mengingat banyaknya kasus-kasus yang terjadi mengenai tindak kekerasan seksual terhadap anak dan remaja. Tetapi yang terjadi di lapangan justru orang tua bersikap apatis dan tidak berperan aktif untuk memberikan pendidikan seks sejak dini kepada anaknya. Mereka beranggapan bahwa pendidikan seks akan diperoleh anak seiring berjalannya usia ketika ia sudah dewasa nanti.

Mereka seolah menyerahkan pendidikan seks kepada pihak sekolah sebagai sumber ilmu bagi anaknya. Padahal pendidikan seks sendiri, belum diterapkan secara khusus dalam kurikulum sekolah. Kurangnya pengetahuan orang tua terhadap kebutuhan anaknya sendiri dalam menghadapi tuntutan zaman yang semakin berkiblat ke arah barat, menjadi faktor utama belum tersampaikannya pendidikan seks sejak usia dini di dalam keluarga. 

BH_INTV
COPYRIGHT INTV @2017