kembali ke daftar Artikel

Narkotika Dan Selebriti


Selasa, 04 April 2017, 20:02 | 77 views
Artikel oleh : Barza Hasan
ilustrasi / foto Deddy Mizwar//Wakil Gubernur Jawa Barat//"Narkoba adalah ancaman bagi bangsa"
JAKARTA : Baru-baru ini kita kembali dikejutkan dengan berita tertangkapnya penyanyi dangdut Ridho Rhoma dengan kepemilikan sabu seberat 0,7 gram. Nama pedangdut terkenal ini, kembali menambah daftar deretan nama-nama selebriti yang pernah terkait kasus narkoba. Mulai dari yang senior sampai pendatang baru, mulai dari penyanyi, produser bahkan komedian.  
Memang narkoba saat ini bisa menyasar ke siapa saja. Penggunanya bukan saja orang-orang berkantong tebal yang tinggal di antara gedung-gedung pencakar langit di Metropolitan, melainkan sampai ke kampung-kampung. Tapi jika penggunanya adalah pesohor atau Public Figur, tentu beritanya akan lebih mudah terekspos dan dengan cepat diketahui masyarakat luas.
Mengapa para pengedar narkoba mengincar artis-artis sebagai pengguna? Paling tidak ada beberapa alasan ; 

Beban Psikologis
Sebagai entertainer, para artis dituntut untuk selalu tampil prima. Mereka harus menjadi orang yang mampu menghibur para penggemar atau penontonnya, walaupun mereka sendiri sebenarnya sedang mengalami masalah. Sebagai pribadi, kita memiliki beban hidup masing-masing, namun para artis mau tidak mau , harus pandai-pandai menutupi permasalahan pribadinya dimata penggemarnya. Melakoni peran yang jauh dari keadaan diri, sebenarnya ini bukanlah sesuatu yang mudah. Mereka butuh sandaran, dukungan atau tempat untuk melepaskan beban psikologisnya dari orang-orang di sekitarnya. Jika mereka tidak menemukan hal tersebut, maka narkoba pun biasa dipilih sebagai jalan keluarnya.
Penghasilan Tinggi
Menjadi artis yang sudah terkenal, berbanding lurus dengan penghasilan yang dimiliki. Apabila sang artis tidak mampu menahan godaan, mereka tidak akan kesulitan memiliki dan menggunakan narkoba. Akhirnya mereka pun menjadi target pasar potensial para pengedar narkoba, yang memang membutuhkan pengguna dengan daya beli yang tinggi.
Jejaring
Dalam pemasaran, membangun jejaring itu penting. Mulai dari jejaring antara penjual dengan pembeli, jejaring antara pembeli dan pembeli lainnya atau dengan calon pembeli. Dengan banyaknya jejaring ini, peluang  pembelian produk yang ditawarkan akan semakin tinggi pula. Para selebriti, kita ketahui memiliki jaringan sosial dengan sesama selebriti dan kalangan jetset lainnya. Sehingga dengan menyasar mereka, para pengedar narkoba tidak sulit lagi mendapatkan pasar potensial yang baru.
Gaya Hidup
Narkoba jenis tertentu misalnya sabu, mampu meningkatkan kepercayaan diri dan stamina penggunanya. Mereka jadi lebih berani dan prima di atas panggung karena pengaruh obat-obatan terlarang tersebut. Tuntutan karir memang mengharuskan mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan tidak semua artis mampu membangun mental tersebut dari dalam dirinya, sehingga narkoba pun menjadi jalan keluarnya.
Memang semestinya para pesohor ini bisa lebih bijak menentukan pilihan-pilihan hidupnya. Pasalnya mereka adalah publik figur, dan banyak orang termasuk generasi muda yang mengidolakan pribadi mereka. Dengan banyaknya kasus-kasus kepemilikan narkoba yang menjerat para pesohor, masyarakat akan semakin permisif terhadap keberadaan narkoba. Padahal semestinya narkoba adalah bahaya laten dan musuh yang harus kita lawan bersama-sama.
COPYRIGHT INTV @2017