Back to newsline
Nasional
UNJUK RASA PAGUYUBAN PETANI JAWA TIMUR ATAS PELAKSANAAN REFORMA AGRARIA
Artikel Oleh Susanti
Kamis, 28 September 2017, 10:14 WIB | 33 views


UNJUK RASA PAGUYUBAN PETANI JAWA TIMUR ATAS PELAKSANAAN REFORMA AGRARIA
Surabaya, Jatim - Kelompok petani asal Jawa Timur yang tergabung dalam,Gerakan untuk Daulat Agraria (Garuda), mengadakan unjuk rasa dalam memperingati Hari Tani Nasional, Senin (25/9/2017). Unjuk rasa berlangung di depan Kantor Wilayah BPN (Badan Pertanahan Nasional), Provinsi Jatim.



Aksi unjuk rasa ini dilakukan untuk ditegakkannya, Reforma Agraria oleh pemerintah serta penyelesaian konflik pertanahan yang dianggap menjadikan petani sebagai korban atau pihak yang dikriminalisasikan. Mereka menganggap, Reforma Agraria yang dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, sebagai reforma agraria palsu. Hal ini terkait dengan maraknya kasus agraria yang ditandai dengan sengketa lahan, antara rakyat dengan institusi negara maupun swasta.



Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya, Herlambang Perdana Wiratraman yang juga sebagai pendamping berbagai kasus agraria di Jawa Timur, mengatakan, reforma agraria hendaknya menyentuh kasus-kasus sengketa lahan yang melibatkan masyarakat dengan pemilik modal dan kekuasaan yang selama ini, rakyat sering dikalahkan. Pemerintah juga harus mau menyelesaikan sengketa lahan yang berujung pada perampasan tanah dan kriminalisasi petani. (seperti dilansir VOA).



“Kasus-kasus tanah yang dikaitkan dengan perampasan tanah itu sangat banyak sekali, di Jawa Timur saja sudah 102 kasus, dan ini yang ke sini baru 6 kasus, bisa dibayangkan 6 kasus saja mangkrak tapi korbannya sudah banyak kan”. kata Herlambang Perdana Wiratraman. (SS/JT)



  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID