Back to newsline
Nasional
HANYA DENGAN BAMBU TRENGGALEK TERKENAL DI LUAR NEGERI
Artikel Oleh Susanti
Sabtu, 30 September 2017, 14:17 WIB | 81 views


Kerajinan Bambu Trenggalek (foto : ukmtrenggalek.wordpress.com)
HANYA DENGAN BAMBU TRENGGALEK TERKENAL DI LUAR NEGERI



Surabaya - Tidak ada yang tidak mungkin, selalu ada cara menuju segala sesuatu dan jika kita memiliki keinginan yang memadai, maka kita juga akan selalu memiliki cara yang memadai. Tetapi seringkali hanya merupakan alasan belaka, saat kita mengatakan bahwa segala sesuatu adalah tidak mungkin. Kalimat pertama dari ungkapan tadi, menjadi pedoman seorang Sukatno, warga Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. “Tidak ada yang tidak mungkin, selalu ada cara menuju segala sesuatu dan jika kita memiliki keinginan yang memadai, maka kita juga akan selalu memiliki cara yang memadai”.



Apa yang dilakukan Sukatno, mungkin tidak saja memadai, tapi lebih dari itu. Di sanggar Kerajinan Bambu Indah miliknya, Sukatno banyak menghasilkan barang kerajinan terbuat dari bahan bambu, mulai dari anyaman, kursi, aneka perabot rumah tangga dan berbagai kerajinan lainnya.



Selain mempekerjakan belasan banyak tenaga kerja, Sukatno bersama karyawannya, berhasil menembus pasar ekspor luar negeri, yang rata-rata pengirimannya bisa mencapai satu hingga dua kontainer. Hanya melalui bahan bambu, hasil kreasi Sukatno dikenal sebagai sentra kerajinan bambu unggulan, hingga mampu bersaing dengan negara lainnya.



Berawal tahun 1991, Sukatno yang amat mencintai bambu, mulai mencoba membuat kerajinan tangan dari bahan bambu bersama beberapa warga sekitar. Karena tekad, semangat dan kerja keras, kerajinan bambu hasil kreasinya, banyak disukai orang. Terlebih banyaknya pesanan dari Brunei Darussalam, Korea Selatan serta beberapa negara lainnya. Karena begitu terkenalnya kerajinan bambu milik Sukatno, rupanya Desa Wonoanti, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, tempat Sukatno mencari nafkah, ikut terkenal di luar negeri.



Sukatno tetap berharap, pemerintah daerah terus memberikan pendampingan serta pembinaan kepada para pengrajin bambu di Trenggalek, terlebih dengan memberikan bantuan peralatan kerja. Diharapkan usaha ini dapat terus ditingkatkan, mengingat permintaan pasar yang juga semakin meningkat, terlebih dari luar negeri. (SS/JT)



  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID