Back to newsline
Nasional
DIIZINKANNYA PEREMPUAN SAUDI UNTUK MENGEMUDIKAN MOBIL DI TAHUN 2018
Artikel Oleh Susanti
Sabtu, 30 September 2017, 14:24 WIB | 80 views


Mulai 2018, Perempuan di Arab Saudi, bisa mengemudikan mobil
Arab Saudi – Arab Saudi, dikenal sebagai satu-satunya negara di dunia, yang melarang kaum perempuan untuk mengemudikan mobil. Sejak diberlakukannya larangan dari kerajaan Saudi ini, memang banyak menimbulkan kontroversi. Walaupun hukum, Islam dan UU lalu lintas tidak secara eksplisit melarang perempuan menyetir mobil, namun pihak berwenang tetap tidak mengeluarkan izin mengemudi bagi perempuan, bahkan bila ketahuan melanggar akan ditahan.



Peraturan berupa larangan mengemudi bagi perempuan yang telah diterapkan cukup lama itu, tidak diduga dan banyak mengejutkan para pihak khususnya perempuan, ternyata mulai tahun 2018, larangan tersebut dicabut. Artinya mulai tahun depan, para perempuan di Arab Saudi diperbolehkan untuk menyetir mobil.



Keputusan mengejutkan Arab Saudi tersebut, sekaligus menandai adanya perluasan signifikan hak-hak perempuan. Namun para aktivis mengatakan, Rabu (27/9), itu hanyalah langkah pertama dari sebuah daftar panjang tuntutan kesetaraan.



Kebijakan Saudi ini, juga mendapatkan pujian dari Gedung Putih. Presiden Amerika Serikat Donald Trump memandang perubahan tersebut, sebagai langkah positif yang mendukung hak-hak dan peluang-peluang perempuan di negara kerajaan itu. (seperti dilansir VOA).



Sementara di pihak lain, Sekjen PBB Antonio Guterres menggambarkannya sebagai langkah penting ke arah yang benar, kemudian PM Inggris, Theresa May juga memuji keputusan itu sembari mengatakan, pemberdayaan perempuan merupakan kunci dari pembangunan ekonomi. (SS/JT)





























































































































  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID