Back to newsline
Internasional
ROBOT PEMBUNUH DALAM PERANG
Artikel Oleh Susanti
Senin, 02 Oktober 2017, 14:12 WIB | 24 views


ROBOT PEMBUNUH DALAM PERANG
Teknologi - Kemajuan teknologi saat ini, sudah begitu mendunia. Kemajuan teknologi yang pesat saat ini, memang membuat kita agak terkejut, karena dari hari ke hari pasti ada saja kemajuan teknologi yang terjadi, sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertinggal dalam mengikutinya.



Kemajuan teknologi saat ini, tidak saja untuk bidang ; rumah tangga, pendidikan, otomotif, kesehatan, pekerjaan, dan lain – lain, tapi juga untuk bidang persenjataan.



Kini di bidang pertahanan, kita juga mengenal adanya Drone atau pesawat tidak berawak yang telah menjadi senjata standar di banyak angkatan bersenjata. Kemajuan di bidang teknologi Drone, ternyata tidak berhenti sampai disitu, karena kini industri pertahanan sedang membuat kendaraan robot yang bisa digunakan di darat maupun bawah air.



Alain Tremblay, pejabat Rheinmetall Defense, mengatakan, “Kini banyak orang menggunakan berbagai model dan ukuran drone atau kendaraan terbang, dan karenanya usaha membuat kendaraan tanpa pengemudi yang beroperasi di darat dan dibawah air semakin gencar dilakukan.” (seperti dilansir VOA).



Kendaraan di segala medan buatan perusahaan Jerman Rheinmetall tersebut, bisa dengan mudah difungsikan untuk membawa senjata atau bom. Pembuatnya sempat mengatakan, robot tersebut bisa membedakan kawan ataupun lawan dan akan patuh terhadap perintah dari pemiliknya.



Di lain pihak, sejumlah organisasi HAM sejak lama telah menyatakan keprihatinannya, akan bahaya penggunaan senjata robot yang bisa bekerja sendiri. David Mepham, kepala Human Rights Watch di Inggris, mengatakan, “Satu hal yang mencegah kita melakukan tindakan barbar dalam perang, adalah kemampuan kita untuk membedakan mana tentara dan mana orang sipil. Tapi kami khawatir akan munculnya senjata robot, yang tidak bisa membedakan antara seorang anak kecil yang sedang memegang sebungkus es krim dengan orang yang memegang senjata.” (SS/JT)



  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID