Back to newsline
Nasional
BATIK FASHION SHOW ON THE ROAD DIADAKAN PELAJAR DI YOGYAKARTA
Artikel Oleh Susanti
Sabtu, 07 Oktober 2017, 13:38 WIB | 20 views


BATIK FASHION SHOW ON THE ROAD DIADAKAN PELAJAR DI YOGYAKARTA
Yogyakarta - Bersamaan dengan peringatan Hari Batik Nasional, yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober, sebanyak puluhan pelajar SMPN 1 Bantul sejak pagi hari, mengadakan kegiatan. Mereka menggelar acara yang dinamakan “Batik Fashion Show on The Road” di Simpang Empat Klodran atau Jalan Bantul, Yogyakarta, Senin (2/10/2017).



Sambil mengenakan batik, mereka terlihat berlenggak-lenggok layaknya model dengan diiringi musik gamelan hingga angklung. Di tangan mereka terlihat beberapa tulisan agar mencintai batik.



"(Kegiatan ini) , sudah dilakukan 10 tahun terakhir, tetapi memang digelar 2 tahun sekali," ujar Kepala SMPN 1 Bantul, Tri Kartika Rina.



Tri mengungkapkan, kegiatan ini digelar agar para siswa lebih mencintai budaya leluhur. Apalagi sekolahnya memiliki kurikulum membatik. Bahkan pakaian batik yang dikenakan para siswa untuk fashion show merupakan hasil karya sendiri. "Batik tidak hanya diajarkan secara verbal saja. Supaya di antara para siswa tumbuh rasa cinta terhadap karya-karya bangsa," ujarnya.



Siswa SMPN 1 Bantul, Manuella Maureen (12) mengaku, membuat sendiri batiknya. Rasa bangga muncul ketika dirinya bisa mempersembahkan karyanya untuk mengikuti “Batik Fashion Show on The Road”. "Motif (batik) yang nentuin kami sendiri," tuturnya.



Selama ini, Manuella diajarkan membatik di sekolah. Mulai dari menentukan motif hingga cara menggunakan canting untuk membuat pola. "Awalnya biasa saja, setelah diajarkan di sekolah sekarang mulai suka," katanya.



Acara yang digelar di sekitar perempatan Klodran ini, mampu menarik perhatian masyarakat dan pengguna jalan yang kebetulan melintas. Sebagian warga juga sempat mengabadikan kegiatan ini dengan menggunakan kamera di ponselnya.(SS/JT)



  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID