Back to newsline
Internasional
MANUSIA KE MARS MELALUI KERJASAMA AMERIKA SERIKAT DAN RUSIA
Artikel Oleh Susanti
Minggu, 08 Oktober 2017, 11:41 WIB | 21 views


Picture : VOA
Nasa – Walaupun masih berlangsungnya ketegangan politik, namun minggu lalu, Amerika Serikat dan Rusia sepakat bekerja sama dalam proyek pembangunan stasiun antariksa yang mengorbit bulan.



Proyek Pembangunan yang dipimpin Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA tersebut, merupakan bagian dari proyek jangka panjang untuk mengirim manusia ke Mars.

AS dan Rusia berharap, wahana yang diberi nama, Deep Space Gateway ini, akan difungsikan sebagai gerbang menuju Mars serta misi antariksa lainnya di tata surya.



Stasiun Antariksa Internasional itu, nantinya dapat digunakan untuk eksplorasi di bulan oleh manusia dan robot, yang sekaligus sebagai tempat persinggahan pesawat antariksa. Stasiun antariksa ini merupakan calon utama pengganti Stasiun Antariksa Internasional yang ada sekarang. Stasiun tersebut juga telah menghabiskan biaya 100 miliar dolar Amerika, dan merupakan proyek antariksa terbesar saat ini.



Para pakar Rusia dan Amerika Serikat, bekerja sama membangun stasiun yang akan mengorbit bulan, serta kerjasama eksplorasi di permukaan bulan, menurut laporan Roscosmos. (Badan Ruang Angkasa Rusia). Diinformasikan juga, Badan antariksa Rusia Roscosmos dan NASA, telah menandatangani perjanjian kerjasama itu hari minggu lalu, ketika berlangsung konferensi astronautika di Adelaide, Australia.



Direktur umum Roscosmos, Igor Komarov menjelaskan, bahwa kedua negara itu, sepakat menggunakan standar konstruksi yang sama untuk mencegah apabila ada masalah di antariksa nantinya. Roscosmos dan NASA akan menggunakan standarisasi dalam pembuatan unit-unit docking atau penggabungan dengan stasiun antariksa itu, dan juga dalam pembuatan alat-alat penyelamatan.



Sementara, Amerika Serikat dan Rusia, juga telah membahas mengenai penggunaan roket-roket Proton-M serta Angara buatan Rusia, untuk membangun stasiun antariksa itu, mulai pertengahan tahun 2020 nanti.



“Kendati proyek ‘Gerbang Ke Alam Raya’ itu masih dalam tahap awal, NASA senang melihat adanya minat internasional untuk membangun stasiun antariksa yang mengorbit bulan,” kata Robert Lightfoot, pejabat NASA di Washington. (seperti dilansir VOA)



Penjelajahan antariksa, merupakan satu dari beberapa kerjasama internasional yang berlangsung lama antara Amerika Serikat dan Rusia, dan tidak terpengaruh adanya ketegangan politik kedua negara. (SS/JT)







  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID