Back to newsline
Internasional
HAL YANG HARUS DIKETAHUI ORANG TUA SEBELUM ANAK SEKOLAH
Artikel Oleh Susanti
Kamis, 12 Oktober 2017, 11:13 WIB | 14 views


Ilustrasi ibu dan anak
Jakarta - Usia prasekolah adalah masa yang ditunggu oleh orang tua. Di masa ini, orang tua pastinya sudah menentukan sekolah mana yang akan dipilih, hingga dapat menyiapkan perlengkapan sekolah, sesuai warna dan karakter favorit si kecil.



Namun, orang tua tidak jarang akan menemukan kendala dalam menentukan, apakah si kecil sudah siap atau belum, dalam memasuki usia sekolah. Biasanya kendala muncul dari banyaknya pertanyaan dari orang tua, mengenai kepintaran si kecil. Apakah si kecil sudah bisa mengenal huruf dan angka, memahami sesuatu, hingga memecahkan masalah ?



Khususnya ibu yang lebih dekat dengan anaknya, perlu mengetahui tahapan usia prasekolah yang merupakan fase penting untuk mengevaluasi kesiapan si kecil, sebelum memasuki usia prestasi sekolah. Saat mengevaluasi kesiapan si kecil, usahakan ibu tidak hanya fokus pada kesiapan kepintaran akal saja. Namun juga harus memperhatikan sinergi kepintaran akal, fisik, dan sosial si kecil.



Orang tua, perlu tahu kepintaran akal atau sering disebut kepintaran mental, yang merupakan kemampuan anak dalam berkomunikasi, memecahkan masalah, berpikir jernih, dan kritis. Kepintaran ini meliputi word smart, number smart, picture smart, dan music smart.



Kemudian ada kepintaran fisik yang meliputi body smart dan nature smart. Body smart merupakan kemampuan si kecil dalam perkembangan motorik. Kemudian nature smart merupakan kepintaran si kecil dalam merespons lingkungan dan mengeksplorasi alam.



Terakhir, kepintaran sosial yang merupakan kemampuan si kecil dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial serta mengendalikan dirinya sendiri.(SS/JT)


  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID