Back to newsline
Internasional
MASKAPAI PENERBANGAN FINLANDIA MENIMBANG BERAT BADAN PENUMPANG SEBELUM NAIK PESAWAT
Artikel Oleh MAULIDA FANNY
Minggu, 05 November 2017, 07:39 WIB | 21 views


(foto:kompasiana.com)
Helsinki – Maskapai penerbangan Finlandia, Finnair, meminta para penumpangnya untuk menimbang berat badan mereka pada alat timbangan yang telah disediakan, sebelum memasuki pesawat.



Mengutip BBC, Jumat (3/11/2017), kebijakan ini bukan dimaksudkan untuk mengurangi beban kargo pesawat, melainkan pihak maskapai Finlandia sedang melakukan survei kepada para penumpang untuk mengecek mengenai estimasi yang digunakan, untuk menghitung total berat, bahan bakar, dan keamanan pesawat harus akurat.



"Maskapai mengetahui berat pesawat, berat barang bawaan bagasi kabin saat check-in, namun tidak mengetahui berat penumpang," ujar Päivyt Tallqvist, direktur komunikasi Finnair.



Sejauh ini, maskapai tersebut sudah mendapatkan 180 orang yang secara sukarela ditimbang berat badannya, lengkap dengan bawaan bagasi kabin mereka. Finnair membutuhkan 2.000 orang penumpang untuk ditimbang berat badannya, agar dapat dengan akurat mengetahui bobot bawaan pesawat.



Berat badan standar penumpang pria adalah 84,6 kilogran, penumpang perempuan 66,5 kilogram, dan penumpang berusia di bawah 12 tahun adalah 30,7 kilogram.



Sementara faktor musim pun, juga mempengaruhi bobot penumpang beserta barang bawaannya. Pada musim dingin tentu saja barang bawaan lebih berat, karena penumpang memakai pakaian tebal dan mantel.



Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah maskapai lainnya juga telah memperhatikan bobot penumpang. Misalnya pada tahun 2013, Samoa Air, menjadi maskapai pertama yang mengenakan biaya tambahan per kilogram berat badan para penumpangnya. Tahun lalu, maskapai Hawaiian Airlines, juga mulai menimbang berat badan penumpang yang bepergian dari dan ke Samoa. Samoa adalah negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia. (mf/jt)

  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID