Back to newsline
Internasional
GENAP SETAHUN TRUMP SEBAGAI PRESIDEN AS JUSTRU PARTAI DEMOKRAT BANYAK MERAIH KEMENANGAN KURSI GUBERNUR
Artikel Oleh MAULIDA FANNY
Jumat, 10 November 2017, 18:12 WIB | 15 views


Gubernur terpilih Virginia, Ralph Northam (kanan) merayakan kemenangan bersama Gubernur petahana Terry McAuliffe dan istrinya Dorothy McAuliffe
Washington DC – Kemenangan Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat, ternyata tidak berdampak positif bagi masyarakat Amerika Serikat khususnya bagi Partai Republik yang mengusungnya. Pasalnya tepat satu tahun masa pemerintahannya, justru persaingan gubernur di sejumlah negara bagian Amerika dimenangkan oleh gubernur dari Partai Demokrat.



Gelombang sentimen anti-Trump, sekaligus membantu Demokrat meraih kemenangan besar dalam persaingan gubernur di beberapa negara bagian.



Kemenangan yang diraih antara lain, Ralph Northam dari Partai Demokrat memenangkan pemilihan gubernur negara bagian Virginia, dalam persaingan ketat mengalahkan Ed Gillespie dari Partai Republik dalam pemilihan untuk menggantikan gubernur dari Partai Demokrat, Terry McAuliffe. Kemudian di New Jersey, Phil Murphy dari Partai Demokrat menang dalam persaingan untuk menggantikan gubernur dari Partai Republik Chris Christie, sebuah kemenangan yang diharapkan atas calon dari Partai Republik Kim Guadagno. (seperti dilansir voa)



Nancy Pelocy, pemimpin fraksi Minoritas di DPR mengatakan, bahwa fenomena itu sekaligus menandai adanya pergeseran dalam sikap warga tentang arah yang harus ditempuh oleh pimpinan mereka.



Pendapat lain disampaikan Kyle Kondik, seorang ilmuwan politik di University of Virginia Center for Politics, yang mengatakan "Saya kira ini adalah teguran yang cukup penting dan sangat terkait dengan presiden,"



Kondik juga menambahkan "Masih ada waktu mengubahnya, tapi Partai Republik masih harus banyak melakukan pekerjaan rumah untuk bisa mencegah dampak buruk semacam ini mengancam mereka tahun depan". (mf/jt)

  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID