Back to newsline
Internasional
SUE FINLEY KARYAWAN LOYAL DI NASA
Artikel Oleh MAULIDA FANNY
Minggu, 19 November 2017, 18:57 WIB | 52 views


Sue Finley (foto:latimes.com)
Amerika Serikat – Di berbagai perusahaan, bila ada karyawan yang mengabdikan dirinya dalam waktu cukup lama untuk bekerja, umumnya pihak perusahaan akan memberikan penghargaan, karena dianggap karyawan tersebut, loyal terhadap perusahaan tempat ia bekerja.



Sue Finley yang kini berusia 80 tahun, merupalan salah satu contoh pegawai perempuan yang loyal bekerja di Lembaga Antarika Amerika Serikat (NASA).



Pada, Januari 1958, Finley mulai bekerja di Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California, seminggu sebelum Angkatan Bersenjata Amerika, meluncurkan Explorer 1, satelit bumi pertama di Amerika.



Finley juga mengingat saat awal bekerja di NASA, ketika ia bekerja sebagai "komputer" manusia, yang harus menghitung lintasan roket hanya menggunaan tangan. Ketika itu ukuran komputer masih sangat besar serta harganya mahal.



Finley bertugas di JPL untuk Pioneer 1, satelit pertama yang diluncurkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) yang baru dibentuk pada akhir tahun 1958, dan ini sekaligus menandai awal persaingan internasional dalam menjelajah antariksa (seperti dilansir voa)



"Itu peristiwa yang sangat besar," tutur Finley, sambil mengenang peristiwa peluncuran tersebut, yang pada waktu itu peluncuran tersebut sebagai anggapan atas peluncuran satelit pertama, Sputnik 1 dan 2, milik Uni Soviet beberapa bulan sebelumnya.



Beberapa prestasi yang dicapai Finley seperti, mengembangkan perangkat lunak yang dapat menghasilkan nada-nada suara yang kemudian dikirim kembali dari pesawat luar angkasa, untuk menginformasikan kepada para teknisi di Bumi, mengenai berbagai peristiwa atau kondisi yang sedang terjadi di luar angkasa. Sementara perangkat lunak tersebut, awalnya dikembangkan untuk berbagai misi ke planet Mars. (mf/jt)

  KEMENRISTEK KUCURKAN RP 1,2 T BANTU BIAYA RISET PERGURUAN TINGGI    WASEKJEN HANURA: BERI KESEMPATAN OSO TINGKATKAN ELEKTABILITAS PARTAI    MENSOS: PENYALURAN BPNT 2018 BERUPA BERAS DAN TELUR    POLISI GREBEK JUDI ELEKTRONIK DI KAWASAN WISATA KUTA    CIPTAKAN TERTIB LALU LINTAS, ANIES BUKA OPERASI LINTAS JAYA 2018    INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID