Back to newsline
Internasional
WARTAWAN DITAHAN DI MYANMAR KARENA BAWA DRONE
Artikel Oleh MAULIDA FANNY
Senin, 20 November 2017, 07:32 WIB | 50 views


Wartawan Malaysia ditahan 2 bulan di Myanmar. Lau Hon Meng (kiri) dan Mok Choy Lin. (foto:utusan.com.my)
Myanmar – Peralatan Drone, saat ini memang sedang trend, karena selain bermanfaat untuk dokumentasi, peralatan itu memang banyak memudahkan pengambilan sudut pandang (angle) lewat udara, yaitu berbagai lokasi yang biasanya sulit untuk dijangkau. Namun walaupun merupakan inovasi yang amat membantu tugas media, ternyata drone tidak berlaku bagi aparat keamanan Myanmar.



Tiga wartawan serta seorang supir, diancam hukuman penjara tiga tahun karena dianggap melanggar undang-undang impor-ekspor Myanmar, karena membawa pesawat drone ke negara tersebut.



Tujuan dibawanya drone tersebut, merupakan bagian dari film dokumentasi yang rencananya akan dibuat oleh stasiun televisi pemerintah Turki, TRT.



Mok Choy Lin dari Malaysia, Lau Hon Meng dari Singapura, wartawan lokal Ko Aung Naing Soe dan supir U Hla Tin, telah ditahan di Ibu Kota Naypyidaw pada 26 Oktober, setelah mewawancarai seorang legislator sambil menggunakan drone dari udara, untuk pengambilan video gedung parlemen.



Stasiun televisi TRT melaporkan, bahwa ketiga wartawannya telah memiliki izin yang diperlukan, namun polisi tetap menahan mereka, dengan alasan bahwa drone yang dibawanya tidak termasuk dalam perijinan untuk masuk ke wilayah Myanmar. (mf/jt)

  KEMENRISTEK KUCURKAN RP 1,2 T BANTU BIAYA RISET PERGURUAN TINGGI    WASEKJEN HANURA: BERI KESEMPATAN OSO TINGKATKAN ELEKTABILITAS PARTAI    MENSOS: PENYALURAN BPNT 2018 BERUPA BERAS DAN TELUR    POLISI GREBEK JUDI ELEKTRONIK DI KAWASAN WISATA KUTA    CIPTAKAN TERTIB LALU LINTAS, ANIES BUKA OPERASI LINTAS JAYA 2018    INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID