Back to newsline
Nasional
BANJIR LAHAR GUNUNG AGUNG MENGALIR KE PANTAI JASRI
Artikel Oleh MAULIDA FANNY
Rabu, 06 Desember 2017, 09:19 WIB | 32 views


Warga menyaksikan lahar dingin yang mengalir di Sungai Yeh Sah, Rendang, Karangasem, Bali, Sabtu (2/12). Hujan deras di kawasan Gunung Agung menyebabkan lahar dingin kembali mengalir di sungai tersebut. (Foto-Antara/Hafidz Mubarak)
Karangasem - Banjir lahar dingin hasil erupsi Gunung Agung bercampur bersama air hujan yang turun di Karangasem beberapa hari terakhir. Sebagian lahar hujan ini mengalir hingga ke Pantai Jasri di Karangasem. "Hujan deras di bagian hulu bisa menyebabkan banjir lahar hujan dan membawa material abu serta pasir hasil erupsi Gunung Agung," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (6/12).

Pantai Jasri berlokasi di Desa Adat Jasri, Kelurahan Subagan. Desa ini masuk ke dalam 28 desa yang terdaftar sebagai kawasan rawan bencana (KRB) atau zona merah.

Sutopo mengingatkan masyarakat supaya tidak terlalu antusias mendokumentasikan peristiwa-peristiwa yang terjadi terkait Gunung Agung, seperti banjir lahar dingin. Masyarakat terkadang mengabaikan keselamatan pribadi, seperti mengambil gambar atau video dari jembatan.



Gunung Agung pagi ini terpantau tenang. Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang terdeteksi berwarna putih. Intensitasnya tipis hingga sedang dengan tinggi 1.000 hingga 2.000 meter di atas puncak kawah. Status gunung suci umat Hindu Bali itu masih di level awas. Radius zona bahaya berada pada delapan hingga 10 kilometer (km) dari puncak kawah.

Aktivitas seismik Gunung Agung pagi ini terpantau delapan kali gempa frekuensi rendah berdurasi 40 hingga 115 detik, lima kali gempa vulkanik dangkal berdurasi 10 hingga 24 detik, dan tiga kali gempa vulkanik dalam berdurasi 9 hingga 42 detik. Tremor menerus dengan amplitudo satu hingga dua milimeter (mm) masih terus terjadi. (mf/jt)



  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID