Back to newsline
Nasional
POLRES PEKALONGAN AKAN BUAT ZEBRA CROSS BATIK
Artikel Oleh MAULIDA FANNY
Kamis, 07 Desember 2017, 06:44 WIB | 33 views


ZEBRA CROSS BATIK (FOTO - jOGJAUPDATE.COM)
Pekalongan - Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, akan membuat zebra cross (penyeberangan di jalan) berornamen batik di 46 titik di wilayah hukum setempat. Kepala Polresta Pekalongan, AKBP Ferry Sandy Sitepu mengatakan bahwa mural motif batik pada zebra cross itu merupakan inovasi dari kepolisian setempat dan pembuatannya dibantu oleh para seniman.



"Polres memiliki keinginan lebih mengangkat Pekalongan sebagai Kota Batik. Kita lihat bersama di banyak ruang publik sudah dijumpai mural batik," ujar Ferry, di Pekalongan, Rabu (6/12).



Ia yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas, AKP Rachmawati mengatakan Kapolres ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyeberang di zebra cross yang lebih aman, dengan menambahkan mural batik pada zona sebelum zebra cross. "Tujuannya adalah menciptakan keamanan, ketertiban, kelancaran, dan lalu lintas di Kota Pekalongan semakin terjaga," ucap Rachmawati.



Menurut Rachmawati, saat ini ornamen batik pada zebra cross sudah dibuat pada tiga lokasi yaitu di Simpang Alun-Alun Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Wahid Hasyim, depan Stasiun KA Pekalongan, serta Simpang Kadipolo. Ornamen batik pada zebra cross, dan rencananya dibuat di 46 titik, baik di ruas jalan dalam kota maupun di jalur pantura Kota Pekalongan.



"Adapun motif batik yang dilukis, utamanya adalah motif khas Pekalongan, seperti Jlamprang dan Buketan. Pembuatan lukisan motif batik ini dibantu oleh seniman setempat," jelas Rachmawati.



Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Kepemudaan, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan Tjuk Kushendarto mengatakan pemkot mengapreasiasi atas kreatif dan inovasi yang dilakukan oleh Kapolres Pekalongan Kota dalam upaya mendukung terwujudnya batik sebagai "The Worlds City of Batik".

"Kami Apresiasi buat Kapolres Pekalongan Kota dan jajarannya yang sudah memberikan kontribusi yang baik terhadap kota ini," ucap Kushendarto. (mf/jt)


  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID