Back to newsline
Internasional
PERANCIS LARANG GUNAKAN PONSEL DI SEKOLAH
Artikel Oleh MAULIDA FANNY
Jumat, 12 Januari 2018, 06:17 WIB | 11 views


Ponsel
Paris - Perancis memberlakukan larangan pada siswa yang menggunakan telepon genggam di sekolah dasar dan menengah. Peraturan tersebut akan berlaku mulai bulan September 2018.

Telepon sebenarnya sudah dilarang di kelas di negara tersebut, hanya saja mulai tahun ajaran berikutnya, murid akan dilarang membawa ponsel saat istirahat, makan siang dan saat belajar.

Guru dan orang tua terbagi atas larangan total seputar ponsel tersebut, dan beberapa lainnya mengatakan, jika anak-anak harus dapat hidup di masanya. Di Prancis, sekitar 93 persen dari 12 sampai 17 tahun, memiliki ponsel sendiri.

"Hari-hari ini anak-anak tidak bermain pada waktu istirahat lagi, mereka hanya ada di depan smartphone mereka dan dari sudut pandang pendidikan itu adalah masalah," kata menteri pendidikan Perancis Jean-Michel Blanquer, dikutip dari Telegraph, Kamis (11/1).

Blanquer menjelaskan, peraturan yang sudah diberlakukan harus dihormati oleh semua pihak. Orang tua dan guru harus memahami jika itu merupakan cara melindungi murid dari kehilangan konsentrasi melalui layar dan telepon.

"Apakah kita akan melarang ponsel dari sekolah? Jawabannya adalah iya," kata Blanquer.

Studi, Philippe Tournier menunjukkan, sejumlah besar murid terus menggunakan ponsel mereka di kelas dan menerima atau mengirim panggilan atau pesan teks. Menurut kepala sekolah Snpden-Unsa Philippe Tournier, sebanyak 40 persen hukuman telah diberlakukan berkaitan dengan ponsel.

"Kami saat ini mengerjakan larangan ini dan bisa bekerja dengan berbagai cara. Telepon mungkin diperlukan untuk tujuan pengajaran atau dalam keadaan darurat, sehingga telepon genggam harus dikunci," ujar Blanquer.

Menteri pendidikan menganggap, isu ponsel dan tablet adalah masalah kesehatan masyarakat. Penting agar anak-anak di bawah usia tujuh tahun untuk tidak berada di depan layar.

Blanquer juga melihat langkah tersebut sebagai cara untuk mengurangi cyber-bullying. Larangan itu akan berlaku untuk anak-anak sampai 15 tahun, tapi telepon akan diizinkan di lycees (sekolah menengah). (mf/jt)



  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID