Back to newsline
Nasional
MEMANFAATKAN PEKARANGAN RUMAH UNTUK KENYAMANAN LINGKUNGAN YANG BERSIH
Artikel Oleh MAULIDA FANNY
Jumat, 12 Januari 2018, 15:11 WIB | 10 views


Kembangkan Pertanian Organik Dalam Pekarangan Rumah (Foto – suaraindonesia-news.com)
Kepulauan Bangka Belitung - Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat di daerah itu untuk menerapkan konsep, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Hal ini bertujuan untuk mewujudkan pertanian yang tangguh dan kesejahteraan keluarga.

"Konsep KRPL ini memanfaatkan pekarangan ramah lingkungan dalam satu kawasan dengan tujuan untuk pemenuhan pangan dan gizi serta meningkatkan pendapatan keluarga melalui partisipasi masyarakat," kata Plt. Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Rusmansyah, Rabu (10/1)

Menurut Rusman, apabila lahan pekarangan dimanfaatkan dengan baik, maka segala persoalan perekonomian akan dapat diatasi. Bahkan dengan cara itu, bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.



"Lahan luas apabila tidak dimanfaatkan dengan baik maka sangat sayang sekali, padahal itu adalah salah satu usaha yang dapat menambah penghasilan," kata Rusman.

Sejauh ini, pihaknya juga terus menyosialisasikan dan sudah terlihat hasilnya, dengan diterimanya banyak penghargaan di bidang pangan.

"Banyak yang telah dihasilkan, mulai dari sayuran, jagung, cabai dan banyak lainnya termasuk juga produk olahan seperti beras aruk, dan mendapatkan penghargaan atas kontribusi dan konsistensi mereka dalam memproduksi beras aruk," tutur, Rusman.

Rusman mengatakan, memanfaatkan pekarangan rumah dengan berbagai jenis tanaman pangan, berguna untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat akan gizi, dan menjadikan lingkungan rumah bersih serta nyaman. Pemanfaatan pekarangan rumah, bisa dengan menanam sayur mayur dan jenis tanaman pangan lain yang berumur pendek.

"Dengan menanam sayuran dan pangan lainnya sendiri, kesehatan masyarakat akan lebih terjamin karena dapat dipastikan tanpa bahan kimia," menurutnya.

Rusman mengatakan, KRPL merupakan pengembangan dari Rumah Pangan Lestari (RPL), yang merupakan salah satu program pemerintah untuk masyarakat, dalam hal pemanfaatan perkarangan rumah untuk menambah upaya intensifikasi pemanfatan pagar hidup, jalan desa, fasilitas umum lainnya, lahan terbuka hijau serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil. (mf/jt)



  INTV KINI TELAH MENGUDARA DI JABODETABEK, SERANG, PANDEGLANG, LEBAK, CILEGON, CIBINONG (22 UHF), MEDAN, BELAWAN, LUBUK PAKAM, TEBING TINGGI, BINJAI (55 UHF), PANGKAL PINANG (38 UHF), LAMPUNG, KALIANDA OGAN ILIR (39 UHF), KENDARI (22 UHF), MANADO (59 UHF), PALEMBANG, KAYU AGUNG (56 UHF), PALU (51 UHF), TERNATE, TIDORE, DAN SOFIFI (32 UHF). KAMI AKAN SEGERA HADIR DI BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN MAKASSAR    INTV DAPAT DISAKSIKAN MELALUI LIVE STREAMING DI INTV.ID/LIVE, ANDROID DAN IOS APPS (IBOLZ, MIVO, USEE TV), CABLE TV MY REPUBLIC (CHANNEL 262), NETCITI (CHANNEL 17), MNC PLAY MEDIA (CHANNEL 137), K-VISION (CHANNEL 53) DAN INDIHOME (CHANNEL 125)    INTV JUGA DAPAT DISAKSIKAN MELALUI SATELIT PALAPA-D DENGAN RECEIVER MPEG4 PADA FREKUENSI 3986 MHZ, POLARISASI HORIZONTAL, DAN SYMBOL RATE 3636, ATAU DI SATELIT IP STAR-1 (THAICOM 4) PADA FREKUENSI 11687 MHZ, POLARISASI VERTIKAL, DENGAN SYMBOL RATE 6667    UNTUK INFORMASI PLACEMENT, BLOCKING, DAN IKLAN DI INTV, ANDA DAPAT MENGHUBUNGI MARKETING KAMI DI TELEPON 021(6348057), FAX:021(6348061), GSM/WA:08111920933, EMAIL: MARKETING@INTV.ID, UNTUK KRITIK DAN SARAN SERTA INFORMASI LAINNYA: INFO@INTV.ID